Powered By Blogger

Tuesday, 17 January 2012

Manusia Makhluk yang Konsumtif


A.             Faktor-Faktor dan Indikasi Manusia Konsumtif
     Manusia sebagai makhluk ekonomi yang memiliki beberapa gaya konsumtif  disebabkan oleh adanya factor-faktor yang mempengaruhinya, berikut ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi sifat konsumtif (Sumartono :2002), yaitu :
a.    Faktor Internal.
            Faktor internal yang berpengaruh pada perilaku konsumtif individu adalah motivasi, harga diri, observasi, proses belajar, kepribadian dan konsep diri.
b.      Faktor Eksternal
Faktor eksternal yang berpengaruh pada perilaku konsumtif individu adalah kebudayaan, kelas social, kelompo-kelompok social dan referensi serta keluarga.

Sedangkan indicator perilaku konsumtif menurut Sumartono yaitu :
a.          Membeli produk karena iming-iming hadiah
                Individu membeli suatu barang karena adanya hadiah yang
        ditawarkan jika membeli barang tersebut.
b.         Membeli produk karena kemasannya menarik
                  Konsumen sangat mudah terbujuk untuk membeli produk yang dibungkus dengan rapid an dihias dengan warna-warni yang menarik. Artinya, motivasi untuk membeli produk tersebut hanya karena produk tersebut dibungkus dengan rapid an menarik.
c.          Membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi
                       Konsumen mempunyai keinginan membeli yang tinggi, karena pada umumnya konsumen mempunyai cirri khas dalam berpakaian, berdandan, gaya rambut , dan sebagainya dengan tujuan agar konsumen selalu berpenampilan yang dapat menarik perhatian orang lain.
d.         Membeli produk hanya sekedar menjaga symbol status
       Konsumen cenderung berperilaku yang ditandakan oleh adanya kehidupan mewah sehingga cenderung menggunakan segala hal yang dianggap paling mewah
e. Membeli produk hanya sekedar menjaga symbol status.
f.  Memakai produk karena unsure konformitas terhadap modal yang mengiklankan.
g. Munculnya anggapan bahwa membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi.
h.  Mencoba lebih dari dua produk sejenis dengan beda merk.

No comments:

Post a Comment